Apakah kamu pernah berkunjung dan merasakan sensasi unik berendam di lumpur Laut Mati Yordania?

Jika lumpur Laut Mati (Dead Sea mud) menjadi andalan Cleopatra untuk merawat kulit, maka itu patut dicoba, bukan?

Sejak zaman kuno, banyak orang, termasuk Ratu Cleopatra yang terkenal akan kecantikannya dan perempuan-perempuan Mesir lainnya merendam tubuh mereka di Laut Mati untuk menyembuhkan berbagai penyakit sekaligus merawat kulit mereka. Laut Mati merupakan perairan dengan kandungan lumpur dan garam tinggi yang berlokasi di sekitar negara Yordania tepi barat.

Hingga kini, lumpur Laut Mati dianggap memiliki berbagai efek positif bagi tubuh sehingga menarik ratusan ribu wisatawan mengunjungi Laut Mati setiap tahun. Bagi yang tidak berkesempatan berkunjung langsung, banyak produsen kosmetik menawarkan produk perawatan kulit yang terbuat dari lumpur dan garam kristal Laut Mati.

Kekuatan penyembuhan Laut Mati lebih dari sekedar mitos. Perairan ini menawarkan konsentrasi tinggi magnesium, natrium, fosfat, bromida dan mineral lainnya, yang diyakini mampu memperbaiki kondisi kulit serta meringankan gangguan jantung dan paru-paru tertentu. Penelitian menunjukkan mineral Laut Mati dapat meningkatkan kualitas hidup pasien psoriasis, menghidrasi dan mengurangi kekasaran serta peradangan kulit.

Tidak hanya lumpur Laut Mati mengandung berbagai mineral bermanfaat, tetapi juga terbukti mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Kandungan lumpur dan garam pada Laut Mati diperoleh dari lokasinya yang berada di titik terendah bumi. Dan uniknya lagi, tak ada satupun benda yang akan tenggelam di Laut Mati. Semuanya pasti mengapung, termasuk manusia sekalipun.

Perlu kamu ketahui bahwa Laut Mati sejatinya merupakan danau dengan panjang mencapai 76 dan lebar 16 km. Meski sangat besar dan luas, tak ada satupun makhluk yang hidup di dalamnya.Laut Mati juga dinobatkan sebagai danau dengan kandungan garam tertinggi kedua di dunia. Yaitu sebesar 33 persen, 8,6 kali lebih asin dibanding air laut biasa.

Inilah yang menjadikannya lumpur Laut Mati berkhasiat baik mengobati aneka penyakit kulit. Zat mineral penting yang terkandung adalah magnesium, zinc, kalsium, kalium, sulfur, chlorine, sodium, dan masih banyak lagi.

"Magnesium merupakan bahan anti alergi yang pasti cocok untuk semua jenis kulit. Inilah yang membedakan dead sea dengan produk lainnya, sangat natural," ujar Dr Osama Qutaishat, Ph.D., Managing Director Products A Dead Sea Sensations, kepada kumparan (kumparan.com) di Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Selasa (28/11).

Anda tidak perlu bersusah payah ke Yordania untuk mendapatkan khasiat lumpur Laut Mati karena IRC menyediakan produk Facial Soap yang terbuat dari lumpur laut mati yaitu Bkev Facial Soap Dead Sea Mud. Selamat mencoba.

Sumber : beberapa artikel dari internet